Minggu, 10 April 2011

Partisi Virtual Harddisk pada Windows 7

Sebenernya harddisk yang akan kita partisi ini ga bakal jd primary harddisk kita, soalnya buat ngeliat isi ni harddisk kita harus sering-sering meng-attach VHD di Disk Management, agak repot sih jd kaya flashdisk gitu cabut-colok. Tapi ni virtual harddisk ga gampang kena virus lho, klo menurut pengalaman gue karna gue jarang attach ni harddisk haha.
Langsung deh ke inti:

1. Klik start button, ketik kata chk trus pilih Create and Format Hardisk Partitions atau ga klik start button, klik kanan di Computer, pilih Manage. trus ke Disk Management.
2. Nah habis itu klik Action di Menu Bar pilih Create VHD. Nanti muncul kotak dialog buat ngisi mau dimana kita mau nyimpen tu virtual harddisk trus berapa kapasitas yang mau di-expand.

Di bawah juga ada pilihan formatnya, klo Fixed Size (Recommended) ukurannya dibuat sesuai ukuran yang udah kita tentuin. Beda sama Dynamically Expanding, ukuran VHD-nya tu ukuran Dinamis. Habis itu, klik OK.
3. Virtual harddisk nanti otomatis udah di-attach tp ada tulisan Not Initialized, kita inisialisasi dulu klik kanan trus di Disk 1 pilih Initialize Disk.

4. Muncul kotak dialog Initialized Disk. Pilih Disk 1 trus partition style-nya pilih MBR.

5. Disk yang udah diinisialisasi tadi bakal jadi Unallocated Disk. Nah di ruang kosong itu klik kanan aja pilih New Simple Volume, nanti muncul kotak New Simple Volume Wizard, Next aja. Isi ukuran volume-nya,

pilih huruf tanda buat partisi baru yang kita buat tadi, biarin aja pilihan yang lain trus Next

kasih nama baru buat partisi kita, misalnya “Virtual Disk”.

Setelah langkah demi langkah diatas, kita Finish-in aja. Biasanya nunggu beberapa menit, tapi klo ukuran partisi kita agak besar bisa setengah jam lebih.
6. Dan VOILAA!! Hasilnya virtual harddisk udah bisa kita gunakan. Cek aja lagi di Explorer-nya.

Oia, cuma ngingetin lagi. Nanti lo bakal kaget pas lo ng-reboot desktop atau laptop lo tiba-tiba tu virtual harddisk ilang. Kemana ya dia?? Padahal harddisk kita udah berkurang tapi virtual harddisk malah gak ada. Haha gampang,kaya yang gue jelasin di atas, lo harus sering-sering attach klo mau tu harddisk trus muncul di-Explorer lo, makanya itu kelemahan dari virtual harddisk, tapi ga salah dong kita coba-coba bikin partisi virtual harddisk hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar